081386862909 | 083862300900

081386862909

: rhieta.rumahjahit@gmail.com 0222030026 Jalan Cihampelas 185 Bandung
RUMAH JAHIT RHIETA | FASHION DESIGNER – PATTERN MAKER – DRESSMAKER
SHARE :

Tips Membuat Jahitan untuk Kebaya Brokat

9
05/2019
Kategori : Tips
Komentar : 0 komentar
Author : Rumah Jahit Rhieta


Tips Membuat Jahitan untuk Kebaya Brokat

Kebaya brokat merupakan jenis kebaya yang sering digunakan untuk berbagai acara, baik itu acara formal dan semi formal. Nah, yang jadi pertanyaan bagiamana cara menjahit kebaya brokat agar memberikan hasil yang memuaskan ? berikut ini ulasannya untuk Anda.

Hampir semua orang, khususnya ibu-ibu bisa menjahit baju sendiri tapi tidak semua dari mereka bisa menjahit keba ya karena memang membutuhkan keterampilan khusus. Bukan itu saja, dalam menjahit model kebaya brokat ini memang ada trik tersendiri sehingga hasil jahitannya rapih dan terlihat sangat menyatu.

Perhatikan fleksibilitas brokat dengan cara menarik-narik sedikit. Jika daya lenturnya tinggi maka sebaiknya Anda membuat pola dengan memberikan garis pada beberapa bagian tubuh sepertu bahu, pinggang dan lainnya dengan dikurangi 1 cm dari ukuran pola dasar yang sudah dibuat sebelumnya.

Mengapa harus dikurangi 1 cm ? tujuannya agar muat di tubuh si pemakai hal ini dikarenakan kain brokat memiliki sifat yang mudah longgar sehingga harus dikurangi ukurannya.

Disarankan untuk tidak menggunakan rader bergirigi ketika membuat garis rader karena tekstur kain brokat memiliki pori yang sangat tipis sehingga pori kain dapat tergerus dan efeknya kain menjadi rusak jika tetap menggunakan rader bergerigi.

Selain itu, sebakna menggunakan kampuh kostum atau kampuh balik untuk menjahit beberapa bagian kebaya brokat yang terasa sulit. Sehingga hasil jahitan akan terlihat lebih bagus, lurus dan rapih jika dilihat dari luar secara keseluruhan.

Ketika Anda menjahit bagian bawah kain kebaya gunakan alas seperti Koran atau kardus agar nantinya jahitan tidak mengkerut dan bentuknya tetap sesuai dengan desain yang dibuat.

Memang harus diakui jika menjahit kebaya kain brokat tidak semudah menjahit kain kebaya lainnya, alasannya karena kain brokat tidak kuat terhadap panas sehingga ketika selesai dijahit tidak bisa disetrika. Maka dari itu, selama proses menjahit tidak boleh ada bagian yang miring, mengkerut dan juga terlipat.

Dibutuhkan latihan terus menerus untuk mendapatkan hasil jahitan yang bagus. Tips membuat jahitan untuk kebaya brokat yang di atas merupakan teknik dasar, selanjutnya bisa Anda kembangkan sendiri teknik menjahitnya. Semoga bermanfaat..!!

Berita Lainnya

16
05/2019
5 Cara Mudah Mengatasi Celana Jeans Sobek
Author : Rumah Jahit Rhieta
13
05/2019
11
05/2019
Cara Menjahit Kancing
Author : Rumah Jahit Rhieta
9
05/2019
Tips Membuat Jahitan untuk Kebaya Brokat
Author : Rumah Jahit Rhieta
7
05/2019
Mengenal Pola Jahit Pakaian
Author : Rumah Jahit Rhieta
4
05/2019