Setiap penjahit ketika membuat pakaian tentunya harus melihat polanya terlebih dahulu. Setiap jenis pakaian tentu memiliki pola jahitan yang tidak sama tergantung dari bentuk dan desainnya. Maka dari itu, ketika membuat desain pakaian tidak boleh asal.

Selain memperhatian keindahan bentuk pakaian tentunya setiap bagiannya harus dibuat pola dengan ukuran yang tepat. Berikut ini beberapa langkah mengenal pola jahit pakaian :

Pola Kerah

Bagian paling atas dari sebuah baju adalah kerah. Buatlah pola kerah yang bagus tapi tidak berlawanan dengan desain baju secara keseluruhan.

Pola Baju Untuk Badan Bagian Atas

Pola ini dibuat untuk bagian badan mulai dari bahu hingga ke pinggang. Ukur lah bentuk badan bagian atas dengan cermat agar pola yang dibuat nantinya sesuai dengan

Pola Baju Untuk Badan Bagian Bawah

Bukan hanya bagian atas, tentu saja ada beberapa pola khusus untuk membuat baju bagian bawah mulai dari pinggang hingga lutut. Beberapa jenis baju seperti daster, gamis dan gaun membuat pola hingga mata kaki.

Pola Baju Untuk Lengan

Setelah bagian badan, selanjutnya adalah membuat pola untuk bagian lengan. Untuk pola lengan dibagi 2 yaitu pola bagian atas mulai dari ketiak hingga siku dan pola bagian bawah mulai dari siku hingga pergelangan tangan.

Pengukuran badan menjadi bagian yang sangat penting dalam membuat pola baju agar nantinya ukuran baju yang digunakan tidak kekecilan ataupun kebesaran. Berikut ini cara mengukur badan untuk membuat baju dengan benar :

Lingkar Leher

Melingkarkan pita meteran di seluruh bagian leher.

Panjang bahu

Sesuai dengan pola badan atas, maka panjang bahu harus diukur. Jangan lupa untuk mengukur bagian otot bahu yang menonjol.

Lingkar Dada

Mengukur bagian dada caranya mulai dari ketiak mengitari dada yang menonjol ke ujung ketiak yang satunya.

Panjang lengan

Proses pengukuran panjang lengan mulai dari pundak bagian bawah atau sela ketiak hingga siku untuk membuat lengan pendek atau bisa dilanjutkan hingga pegelangan tangan untuk membuat lengan panjang.

Lebar Bahu

Sedangkan untuk lebar bahu, Anda bisa mengukur mulai dari titik bahu di dekat leher yang agak tinggi hingga titik bahu yang rendah dekat bagian lengan.

Lingkar Pinggang

Lingkarkan meteran di bagian pinggang dari yang terbesar hingga ke bagian yang terkecil.

Lingkar Pergelangan tangan

Lingkarkan meteran di bagian pergelangan tangan. Jika ingin membuat baju yang agak longgar maka lebarkan sedikit meteran yang dilingkarkan.

Dengan mengenal pola jahitan maka proses pembuatan pakaian menjadi lebih mudah dan cepat. Semoga dengan pengenalan pola jahit di atas, bisa membantu Anda mulai dari membuat desain hingga pakaian jadi atau siap pakai.