Sobekan yang ada di pakaian kesayangan pasti sangat mengesalkan. Mau diganti tapi masih sayang, apalagi kalau dibuang. Nah, solusi terbaiknya adalah dengan menambal sobekan atau lubang dengan jahitan.

Tapi bagaimana caranya menjahit sobekan supaya tetap kelihatan bagus ? Tenang saja, berikut ini akan kami ulas cara mudah memperbaiki lubang atau sobekan kecil dengan jahit tangan, jadi tidak perlu menggunakan mesin jahit. Silakan disimak :

Tahap pertama, potong benang-benang sisa yang ada pada sobekan atau lubang. Pilih warna benang yang sama dengan warna kain pakaian yang dijahit.

Siapkan jarum yang ukurannya sesuai dengan kain yang akan dijahit, lalu masukkan benang ke dalam jarum dan ikatlah ujungnya dengan kuat.

Mulailah menjahit dari sisi lubang agar sobekan tidak terus melebar. Buatlah jahitan di bagian sisi dengan bentuk melingkar dan ikat jahitan dengan rapat.

Setelah itu, jahit mulai dari sisi kanan ke sisi kiri dengan bentuk menyilang hingga seluruh bagian yang sobek tertutupi. Setelah itu buatlah ikatan agar jahitan dapat tertutup sempurna.

Cara jahit lainnya, Anda bisa menjahit bagian yang sobek dengan posisi vertical menyebrangi lubang. Buatlah jarak setiap jahitan kurang lebih 1 cm pada setiap tepian lubang yang dijahit. Lakukan secara berulang hingga semua bagian yang sobek tertutup.

Tarik benang hingga seluruh jahitan menutup rapat, lalu putuskan benang dan rapihkan menggunakan gunting.

Cara jahit yang terakhir bisa dibilang teknik baru tapi hasil jahitannya sangat rapih. Pertama-tama rapatkan kedua sisi yang berlubang, lalu masukan benang jahit dari bagian atas ke bawah celana lalu menyebrang ke sisi lainnya. Lakukan cara yang sama hingga ke bagian lubang paling bawah dan tarik hingga kedua sisi kain benar-benar tertutup. Buat ikatan dan putuskan menggunakan gunting.

Itulah beberapa tahapan memperbaiki lobang atau sobekan pada pakaian tanpa mesin jahit. Cukup mudah kan ? cara ini bisa Anda praktikan sendiri di rumah ketika ada pakaian yang tidak sengaja tersobek atau jahitannya sudah tidak rapat lagi.