081386862909 | 083862300900

081386862909

: rhieta.rumahjahit@gmail.com 0222030026 Jalan Cihampelas 185 Bandung
RUMAH JAHIT RHIETA | FASHION DESIGNER – PATTERN MAKER – DRESSMAKER
SHARE :

Cara Membuat Jahitan agar Lurus

3
05/2019
Kategori : Tips
Komentar : 0 komentar
Author : Rumah Jahit Rhieta


Cara Membuat Jahitan agar Lurus

Menjahit bukan hanya keterampilan untuk membuat pakaian jadi, tapi juga dapat memperbaiki pakaian yang rusak seperti sobek dan bolong, memasang kancing dan ritsleting yang lepas serta mengecilkan baju atau celana yang kebesaran.

Kendala yang seringkali dihadapi para pemula ketika baru belajar menjahit adalah membuat jahitan yang lurus. Kelihatannya memang mudah, tapi ketika coba dipraktekan terasa sulit sekali. Nah, berikut ini ada tips membuat jahitan yang lurus dan rapih untuk para pemula, silakan disimak ya :

Posisi Duduk Tegak

Tahap awal, pastikan posisi duduk Anda dalam keadaan tegak di depan mesin jahit. Jika terlalu membungkuk dapat membuat pinggang dan leher terasa sakit. Selain itu, dengan duduk tegak tangan Anda akan dengan mudah menjangkau mesin jahit.

Amati Garis Lipatan dan Ikuti

Kebanyakan mesin jahit memiliki garis lipatan pada setiap pelatnya. Tujuannya, tidak lain agar penjahit bisa menjahit bagian lipatan dengan mudah dan tepat. Selain itu, juga berfungsi untuk membantu Anda menjahit dengan rapih dan lurus.

Gunakan Perekat

Sebagian mesin jahit ada juga yang tidak memiliki garis lipatan. Solusinya, Anda bisa menggunakan perekat seperti isoasi berwarna atau lakban kecil. Caranya, tempelkan perekat pada kain yang akan dijahit sebagai jalur atau panduan ketika Anda menggerakan mesin jahit agar tetap lurus.

Gunakan Kapur atau Pensil untuk Memberi Tanda

Cara lainnya supaya jahitan Anda lurus yaitu dengan memberikan tanda menggunakan pensil atau kapur khusus kain agar ketika dicuci tanda tersebut bisa hilang. Tanda yang dibuat juga bisa dijadikan patokan untuk ukuran pakaian yang akan dijahit.

Tidak Terburu-buru

Kesalahan paling fatal yang dilakukan banyak penjahit adalah ingin cepat selesai sehingga menjahitnya dengan terburu-buru. Memang benar jahitannya cepat selesai, tapi seringkali bermasalah seperti jahitannya miring, ada kancing yang belum terpasang, yang lebih parah lagi jahitannya salah.

Maka dari itu, aturlah kecepatan menjahit jangan terlalu cepat tapi juga tidak terlalu lama. Periksa ulang jahitan setelah selesai agar ketika terjadi kesalahan bisa segera diperbaiki.

Semua langkah di atas diterapkan oleh banyak jasa penjahit professional agar jahitannya terlihat rapih dan lurus. Silakan Anda coba sendiri, jangan menyerah jika gagal atau salah jahit. Terus berusaha hingga berhasil, selamat mencoba..!!

Berita Lainnya

16
05/2019
5 Cara Mudah Mengatasi Celana Jeans Sobek
Author : Rumah Jahit Rhieta
13
05/2019
11
05/2019
Cara Menjahit Kancing
Author : Rumah Jahit Rhieta
9
05/2019
Tips Membuat Jahitan untuk Kebaya Brokat
Author : Rumah Jahit Rhieta
7
05/2019
Mengenal Pola Jahit Pakaian
Author : Rumah Jahit Rhieta
4
05/2019