Pemilihan kain yang berasal dari alam ( material organik seperti kapas) pada umumnya digunakan untuk jenis pakaian yang fit dengan bentuk tubuh. Jenis kain ini menyerap keringat dan nyaman digunakan.

Diantaranya :
Wool : Wool bersifat menahan panas, elastis, lambat menyerap keringat dan terkadang tidak menyerap keringat keseluruhan. Tidak semua orang menyukai jenis kain ini karena pada umumnya wool harganya sangat mahal dibanding jenis kain lainnya.
Sutera : Sutera sangat tipis namun memiliki filamen yang kuat. Sifatnya yang anti kerut dan tidak menahan panas membuat sutra sangat nyaman untuk digunakan.
Katun : Katun menyerap keringat dengan mudah dan katun merupakan jenis kain yang ideal untuk digunakan walaupun jenis kain ini mudah kusut.
Linen : Linen lebih mengkilat dari katun, lebih elastis daripada katun sehingga tidak mudah kusut dibanding katun. Dan karena linen adalah jenis kain yang tipis sangat nyaman digunakan di luar pada kondisi suhu panas.
Untuk bahan sintesis umumnya dibagi dua ada yang campuran dari bahan organik seperti viscose dan ada yang murni sintetis seperti asetat, polyamide, dan poliester.
Kita bahas satu persatu :
Viscose : Viscose adalah jenis bahan yang nyaman digunakan, menyerap keringat dan mudah dalam perawatan.
Untuk Bahan sintetis memiliki kelebihan serat kain yang lebih kuat dibandingkan dengan jenis bahan dari alam, tidak mudah kusut, namun tidak mudah menyerap keringat. Dan yang terakhir harga lebih murah.
Semoga Bermanfaat